Friday, January 7, 2011

Nilai

Seandainya di dalam sekolah tidak ada Nilai yang dikenal sebagai "tolak ukur" pemahaman seorang murid terhadap pelajaran yang diajarkan, apa yang akan terjadi?

Mungkin sebagian akan berpikir,
"wah..itu mah mana ada yang mau belajar"

BENARkah?

Sekarang kalau pertanyaannya dibalik, "untuk apa kalian belajar?"

Kesampingkan dulu itu jawaban mulia (dan munafik :P) seperti "untuk mendapat ilmu dll",
pasti sebagian bakal terpikir untuk menjawab "buat dapetin NILAI (bagus)"

ya kan? ya kan?

Nah, seandainya TIDAK ADA yang namanya nilai, jawaban "buat dapetin nilai bagus" itu pasti ga ada.

Lalu, apakah jawabannya langsung berpindah jadi jawaban mulia seperti untuk menimba ilmu dkk? Tidak juga sih. Yang parah malah nanya balik, "jadi buat apa belajar??"

Tapi at least ga ada kan jawaban buat SEKEDAR dapetin nilai bagus. So, it's all or nothing. Antara yg BENER-BENER NIAT belajar dan yang GA NIAT belajar.

Kalau otaknya masih waras sih, gw rasa dia ga bakal milih buat GA NIAT belajar selama-lamanya. Toh, dia lulus ga dapet apa-apa kan? Udah ga ada nilai dan ga dapet ilmunya pula. By right, mestinya ada dong perasaan bersalah buang-buang duit sekolah mahal-mahal, masa gw ga dapet satu ilmu pun, jadi gw harus belajar! Nah kalau ada nilai yang tertulis di ijazah, yah tenang-tenang aja walaupun ilmu yang dipelajarin langsung lupa habis ujian, toh gw MASIH PUNYA nilai kok.

Kalau mau dipikir lebih lanjut lagi, yah daripada ga niat belajar sama pelajarannya, yah mendingan pilih pelajaran/jurusan yang disuka dong? Ngapain buang-buang duit maksa-maksa masuk bisnis kalau ternyata minatnya di bidang design? Mungkin masalah bentrok antar ortu dan anak yang mau pilih jurusan kuliah bisa berkurang, walau ga dijamin juga sih, banyak faktor lain.

Tetapi kalau ga ada nilai, kasihan juga guru-gurunya. Gimana dia bisa mengukur kalau murid-muridnya udah bisa nangkep pelajaran yang udah dia ajarkan? Mungkin ada alternatif lain, tapi semua itu butuh energi dan waktu yang ekstra lebih. Kalau 1 guru cuma mengajar 3-4 anak sih bisa mungkin, tapi memang ada segitu banyak supply-nya?

Lanjut ke dunia kerja, susah juga dong buat perusahaan-perusahaan yang mau meng-hire karyawan baru terutama fresh-graduates. Gimana mereka bisa melakukan seleksi sebelum interview?

Apalagi buat negara seperti S******r yang kompetisinya tinggi, yang pake bell-curve, yang ga boleh tuh katanya semua orang dapet nilai A. Ada salah satu guru yang pernah bilang bahkan kira-kira begini, "kita bisa aja kasih kalian soal-soal yang gampang, tapi kita juga perlu buat membedakan 'the good student' dan 'the VERY good student' jadi kita perlu kasih soal yang susah dikit." Okay, jadi just being good is not good enough if wanna get straight As. Ga bisa salahin gurunya juga, kalau nilainya bagus semua yah, bukan bell-curve lagi itu namanya.

Nilai itu memang bisa dijadiin tolak ukur, tetapi itu bukan tolak ukur mutlak. (inget ada faktor hoki juga :P) Tetapi yaudah terima ajalah sistem nilai ini, kalau ga ada nilai yah susah juga dunia ini. Dunia pendidikan tanpa nilai itu bagaikan bersekolah di negeri dongeng. Yang perlu diinget ya jangan mencari nilai doang pas sekolah. Walaupun itu gw akui memang susah sih, apalagi kalau pelajarannya.....ya gitu deh :P

No comments: