Saturday, November 29, 2008

TER-Baik

Siapa yang ga mau jadi yang TER-.. TER-.. TER-...?

Paling cantik / ganteng?
Paling pintar?
Paling jagoan?
Paling tinggi?
Paling .....?

Tiap manusia pasti memiliki 'hasrat' untuk menjadi yang TER-.. alias menang dalam kompetisi. Siapa yang ga bisa menghindari kompetisi? Di mana-mana bisa ditemukan. Di sekolah, di kantor, bahkan di rumah antar saudara kandung pun bisa..

Hasrat untuk menang dalam kompetisi itulah yang membuat kita suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Pokoknya, jangan mau kalah! (kiasu abis)

Semuanya, pengen jadi yang terbaik.

Tapi, terbaik dalam definisi yang bagaimana?

Yang satu, ga mau kalah sama yang lain. "Pokoknya, gw harus jadi yang terbaik!"
Atau, yang kedua, "Inilah yang terbaik yang bisa gw lakukan, walaupun masih ada yang jauh lebih di atas gw. Tapi, gw puas karena gw sudah menjadi yang terbaik, dengan cara gw sendiri."

Jadi, pilih yang mana?
Yang pertama, kompetisi inter-individu.
Yang kedua, kompetisi intra-individu.

No comments: