Tuesday, December 30, 2008

Refleksi dari Semester 1

Yap. Hasil exam Semester 1 sudah keluar kemarin. Hasilnya?? Lumayan memuaskan untuk standard saya saat ini. Paling tidak mami papi sudah cukup senang. Sangat bersyukur sebenarnya bisa dapet segitu karena mengingat beberapa situasi dan kondisi akibat kemalasan yang ada :

1. Adalah suatu keajaiban bila saya menaruh konsentrasi dan perhatian yang penuh saat lecture berlangsung, alias ga tidur, ga bengong, dan ga ngobrol.

2. Adalah keajaiban kedua bila saya telah mengerjakan soal tutorial sebelum dibahas dan menaruh perhatian penuh saat soal-soal itu dibahas (apalagi dalam pelajaran Principles of Economics, tapi yang anehnya justru itu nilai yang tinggi. Hahaha!)

Jadi, deep inside, sebenarnya kalau mau seharusnya bisa lebih.. at least, usahanya lebih maksimal dari yang kemarin. Oke. Mulai semester depan saya sudah menyiapkan sejumlah revolusi belajar yang lebih disiplin.

1. Kerjakan soal tutorial setelah lecture. Jangan ditunda sampai harinya kelas tutorial, atau tunggu dibahas..

2. Dengarkan lecture! Jangan skip, karena..susah buat ngejarnya nanti.

3. Gunakan sebaik-baiknya textbook yang ada. Walaupun banyak yang bilang ga penting, tapi pasti dapet sesuatu dari situ. Misalnya, jadi lebih ngerti sama konsep, lebih banyak latihan soal, dsb. Buktinya, soal-soal yang kluar di exam kemarin, sebagian besar ga mirip sama tutorial. Jadi, butuh lebih banyak latihan.

Segitu aja kayaknya. Kalau kebanyakan malah susah dilaksanakan. Hehe.

Oh ya, selain itu juga soal MAKAN dan MAKANAN.
Kali selanjutnya, GA BOLEH NGEMIL BANYAK! Jangan beli cemilan yang cuma memanjakan indera penglihatan, penciuman, dan rasa. Kalau kenyang ya udah. Inget-inget duit juga, MESTI NGIRIT.
Dan, olahraga min. 3 minggu sekali (yah ampun, baru nyadar gw salah ketik!! mestinya TIGA KALI DALAM SEMINGGU) di PAGI HARI (karena udara pagi itu lebih menyehatkan dan menyegarkan.) Itu artinya, ga boleh tidur kemaleman (apalagi KEPAGIAN).

Semester depan harus LEBIH DISIPLIN BELAJAR SERTA MENGATUR PENGELUARAN, DAN HIDUP SEHAT!

Oh iya, satu lagi, jangan percaya kalau ada yang bilang pelajaran yang ini examnya gampang, karena kualitas otak masing-masing manusia itu berbeda-beda adanya..

No comments: