Saturday, October 4, 2008

Nilai.. Ber"nilai"kah?

setelah tadi berbincang-bincang sedikit dengan roomate, jadi terinspirasi buat nge post ini.. yap, nilai.. nilai. nilai. dan nilai.

nilai yang diberikan berdasar hasil ulangan kita.
tanpa memedulikan (bener ga sih "peduli" setelah ditambah imbuhan jadi "memedulikan"?) bagaimana proses belajar kita.
nilai yang kadang jadi penilaian semata di selembar kertas.

di blog yang terdahulu, udah pernah dibahas soal nilai nilai ini. fiuh.

walaupun nilai bukanlah segalanya.
walaupun nilai bukanlah penentu mutlak keberhasilan seseorang.
walaupun nilai hanya tercetak di selembar kertas.
walaupun begini.
walaupun begitu.
tetap saja.
aku berjuang.
demi.
mendapatkan.
nilai.
N-I-L-A-I.

Nilai..
Sebegitu bernilaikah dirimu?

Kalau sudah jauh dari dunia pendidikan. dari sekolah. dari kuliah.
alias sudah kerja.
apakah nilai tetap dibutuhkan?
akankah nilai menjadi sama bernilainya seperti masa-masa kita di bangku pendidikan?

kalau sekarang, aku bertanya pada diri sendiri.
"mengapa masih ber'kiasu' ria meraih nilai?"

apa jawabku?
karena.
udah susah-susah.
sampai di sini.
jadi.
harus.
berusaha maksimal dong.
kalau bisa dapet nilai segitu.
kenapa harus dapet segini.
memang.
nilai tidak menentukan apakah aku akan sukses nantinya.

masih banyak.
sangat banyak.
faktor lain.

kemampuan berkomunikasi.
kemampuan interpersonal.
dan lain-lainnya.
yang saku rasa.
aku masih kurang.
bahkan.
mungkin.
sangat kurang.

jadi, selagi meningkatkan kemampuan itu juga.
bukankah lebih baik aku tetap mempertahankan nilai?
atau.
tidak perlu?

2 comments:

fabsca said...

memperdulikan?

atseir said...

haha gw br baca komenlu..
yg bener "memedulikan" kan ya?
haha.